Sehat Tak Harus Mahal! Berikut 5 Cara Sehat dan Tetap Hemat

Tubuh bugar dan sehat itu bisa diusahakan asal ada niat. Tak sedikit orang yang masih mengaitkan hidup sehat, apalagi bicara soal program penurunan berat badan dengan pergi ke gym. Padahal workout bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, tanpa membuat kantong Anda kering di tengah bulan. Banyak kok cara hidup sehat dan tetap hemat.

5 Cara Sehat dan Tetap Hemat yang Bisa Anda Coba

Berikut beberapa cara sehat dan tetap hemat yang bisa Anda lakukan, dengan biaya rendah dan bahkan tanpa biaya sepeserpun untuk mengikutinya.

#1 Freeletics untuk Anda yang super sibuk dan anti ribet

Freeletics merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dewasa ini. Selain karena mudah diakses, yakni hanya bermodalkan aplikasi dari smartphone Anda, freelectics juga tak butuh alat rumit. Cukup dengan outfit olahraga saja.

Bisa dilakukan sendiri maupun berpasangan. Setiap gerakan freelectics terdiri dari kombinasi gerakan sit up, push up, squat, jumping jack, dan burpees. Dimana gerakan-gerakan tersebut dilakukan secara intens, sehingga mampu membakar kalori lebih banyak.

#2 Guavapass untuk akses kelas fitness unlimited

Sumber: YMCA of Auburn-Lewiston

GuavaPass adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk merasakan beragam kelas fitnes tanpa harus terikat dengan membership studio gym tertentu. GuavaPass sendiri merupakan startup asal Singapura yang diluncurkan sejak April 2015 dan telah hadir di 9 kota Asia dan Timur Tengah lainnya, seperti Bangkok, Hongkong, Dubai, Shanghai, Beijing, Seoul, Taipei, Manila, dan Abu Dhabi.

Dengan menjadi member Guavapass, Anda dapat mengikuti berbagai macam kelas kebugaran dengan unlimited access di Jakarta. Mulai dari muay thai, yoga, rpm, pilates, bootcamp, zumba, dan pound fit tidak akan membuat Anda bosan.

Variasi kelas dan studio gym yang beragam menjadi alasan GuavaPass layak Anda coba.

#3 Bergabung di komunitas lari

Sumber: confessionsofanamateurathlete

Sudah lebih dari 5 tahun, olahraga lari menjadi salah satu jenis olahraga yang hits, yang diminati berbagai kalangan. Mulai dari orang kantoran, pengusaha, hingga selebritis.

Berbagai event lari pun diadakan setiap minggunya, dan yang tak kalah seru yaitu berbagai komunitas lari yang menjamur di berbagai kota. Berkumpul dengan sesama pengabdi kilometer, selain jadi ajang networking, juga akan membuat aktifitas lari Anda jadi makin seru.

Soal jadwal latihan pun, Anda tak perlu khawatir. Setiap komunitas punya jadwal berlatih rutin yang bisa Anda ikuti. Sebagai contoh, komunitas @jakbrunners punya jadwal latihan setiap hari Senin malam di Epicentrum Walk Kuningan, Jakarta.

#4 Sunday Karma Yoga

Yoga merupakan olahraga yang mengombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks saat melakukan gerakan-gerakannya. Meski terbilang low impact, tapi bisa membuat badan Anda berkeringat.

Anda hanya perlu menyiapkan yoga mat, minum, serta handuk saja. Latihan pun digelar rutin, setiap hari Minggu pukul 8 pagi di FX Sudirman. Semua gratis.

#5 Kelas HIIT

Malas olahraga sendirian? Bergabunglah dengan komunitas HIIT yang membuat latihan Anda makin seru karena dilakukan beramai-ramai, dan tentu membuat Anda banjir keringat.

Anda bisa bergabung dengan @anakhiit setiap hari Rabu pukul 7 malam di GBK atau untuk Anda yang ingin menjadikan weekend lebih berfaedah, Anda bisa datang ke Playparq Bintaro pukul 06.30 untuk berlatih bersama @equo_imt.

 

Bagaimana? Sehat tak harus mahal bukan? Cukup berbekal niat dan konsistensi maka tubuh bugar bukan sekedar angan belaka.

 

photo credit: besame.cr

Leave a Reply