Tips Investasi Bitcoin dan Pendapat Tokoh-Tokoh Dunia Tentang Bitcoin

Euforia Bitcoin semakin memuncak belakangan ini, bahkan Bitcoin sudah menjadi salah satu instrumen investasi yang dibidik oleh banyak orang, khususnya karena kenyataan bahwa potensi keuntungannya bisa berlipat-lipat dalam waktu singkat. Karena itu maka tips investasi Bitcoin menjadi satu hal yang sangan penting.

cara beli bitcoin

Namun jangan salah, seperti kata pepatah, high risk high return. Pahami dulu apa itu Bitcoin serta keuntungan dan risiko Bitcoin sebelum memutuskan untuk membeli atau menjadikan Bitcoin sebagai alat investasi.

Arti investasi

Sebelum masuk lebih jauh, yuk pahami dulu arti dari investasi. Berikut kutipan apa itu investasi dari Investopedia:

An investment is an asset or item that is purchased with the hope that it will generate income or appreciate in the future. In an economic sense, an investment is the purchase of goods that are not consumed today but are used in the future to create wealth. In finance, an investment is a monetary asset purchased with the idea that the asset will provide income in the future or will later be sold at a higher price for a profit”

Intinya adalah investasi dilakukan pada aset yang kita yakini akan mengalami peningkatan harga atau bisa memberikan penghasilan di masa depan. Untuk itu maka pemahaman akan produk yang dipilih sebagai alat investasi menjadi sangat penting, karena menentukan keyakinan kita tentang kenaikan harganya di masa depan.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya adalah sesuatu yang digadang-gadangkan akan menjadi “uang masa depan”, sehingga harganya bisa naik atau turun seperti harga tukar mata uang asing (contohnya USD terhadap Rp).

Dan karena jumlahnya yang terbatas, maka Bitcoin juga diperlakukan seperti komoditas yang memiliki nilai untuk ditransaksikan seperti yang terjadi pada komoditas seperti emas.

Dengan demikian, jika anda sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Bitcoin sebagai alat investasi, maka pendekatan mata uang dan komoditas ini yang seharusnya menjadi dasar pertimbangan.

Sah-sah saja jika anda berpikir bahwa Bitcoin tidak akan menjadi mata uang ataupun komoditas masa depan, sehingga Bitcoin tidak layak menjadi alat investasi.

Pendapat Tentang Investasi Bitcoin

cara beli bitcoin[Katanya] Kebanyakan investor di dunia adalah orang-orang yang suka meniru atau mengikuti langkah orang-orang yang sukses di dunia investasi. So, sebagai benchmark, yuk coba kita simak pandangan beberapa public figure dunia tentang Bitcoin.

Selalu ada pro dan kontra tentang sesuatu hal, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menelaah lebih lanjut sebelum mengambil posisi pendapat mana yang kita ikuti.

Berikut beberapa pandangan terbaru seperti saya kutip dari Bloomberg dan sumber lainnya:

#1 Warren Buffet (Berkshire Hathaway Inc. CEO and billionaire investor)

“People get excited from big price movements, and Wall Street accommodates … You can’t value Bitcoin because it’s not a value-producing asset.” It’s a “real bubble.”

#2 Jay Clayton (US Securities and Exchange Commission Chairman)

We have seen historical instances where such a rush into certain investments has benefitted our economy and those investors who backed the right ventures,” he said in testimony before the Senate banking committee. “But when our laws are not followed, the risks to all investors are high and numerous –- including risks caused by or related to poor, incorrect or non-existent disclosure, volatility, manipulation, fraud and theft.”

#3 Nouriel Roubini (Roubini Global Economics Chairman, Chief Economist and Co-Founder)

Bitcoin “is the mother of all bubbles and is also the biggest bubble in human history if you compare it to, say, the Mississippi bubble or the tech bubble or tulip mania or South Sea Bubble … Now it has crashed by about 60 percent compared to the peak of mid-December. It has crashed 30 percent in the last week and 10 percent today, and … the fundamental value of Bitcoin is zero.”

#4 Theresa May (UK Prime Minister)

“Cryptocurrencies like Bitcoin, we should be looking at these very seriously precisely because of the way they can be used, particularly by criminals,” she said in a Bloomberg interview at Davos”

Gimana, nyeremin semua kan? Hehehe… Seperti saya bilang, semua instrumen investasi membutuhkan pemahaman lebih agar tidak seperti membeli kucing dalam karung. Setelah memahami Bitcoin pun pandangan ini akan terbagi menjadi dua, antara yang skeptis dan yang optimis.

Yuk, lanjut dulu ke pandangan-pandangan lain yang memandang Bitcoin lebih positif. Biar sudut pandangnya bisa lebih berimbang.

#5 Bill Gates (Microsoft Corporation, Principal Founder)

“Bitcoin is exciting because it shows how cheap it can be,” and “Bitcoin is better than currency in that you don’t have to be physically in the same place and, of course, for large transactions, currency can get pretty inconvenient.”

#6 Richard Branson (Virgin Galactic and 400+ business, Founder)

“Well, I think it is working. There may be other currencies like it that may be even better. But in the meantime, there’s a big industry around Bitcoin. — People have made fortunes off Bitcoin, some have lost money. It is volatile, but people make money off of volatility too.”

#7 Eric Schmidt (Google, Executive Chairman)

“[Bitcoin] is a remarkable cryptographic achievement… The ability to create something which is not duplicable in the digital world has enormous value…Lots of people will build businesses on top of that.”

#8 Christine Lagarde (International Monetary Fund, Managing Director)

“Not so long ago, some experts argued that personal computers would never be adopted and that tablets would only be used as expensive coffee trays. So I think it may not be wise to dismiss virtual currencies.” Countries with “weak institutions and unstable national currencies” may see growing use.”

Demikian beberapa contoh pendapat dari public figure dunia yang kebetulan semuanya adalah praktisi keuangan dan pengusaha kelas kakap. Saya tidak bisa menilai salah dan benarnya, semua berbalik ke pemahaman produk dan proyeksi masa depan serta risk profile masing-masing orang.

So, which one is your side? Tergantung dari risk profile kita masing-masing dan pandangan anda terhadap masa depan.

Masih bingung? Wajar, hehehe… Sekali lagi, Bitcoin dan cryptocurrency adalah hal baru dan butuh waktu untuk tau kemana instrumen ini akan berkembang dan memahami cara tepat untuk menentukan “nilai wajar” nya

Tips berinvestasi Bitcoin

cara beli bitcoinSebelum masuk tips, jika anda termasuk orang yang melihat Bitcoin sebagai sesuatu yang tidak masuk di akal, hanya bubble atau hanya menjadi alat spekulasi, maka jangan sekalipun berpikir untuk mencoba untuk terjun dalam dunia ini.

Jika anda termasuk yang masih bingung dan ingin tau, teruskan membaca berbagai artikel tentang Bitcoin dan cryptocurrency sambil melakukan pengamatan atas fluktuasi harga yang terjadi. Pastikan anda benar-benar paham akan potensi dan risikonya.

Bagi anda yang yakin akan masa depan Bitcoin dan cryptocurrency, atau paham risikonya tapi tetap ingin mencoba membeli Bitcoin, atau sekedar penasaran akan hype produk cryptocurrency saat ini, berikut beberapa tips investasi Bitcoin untuk Anda.

#1 Pahami produknya

Dasar banget lha ya, tapi penting. Intinya, seperti kata om Warren Buffet, “never invest in something you cannot understand.” Itu aturan paling utama. Tapi jangan sampai juga aturan ini membuat kita tidak mau mencari tau lebih dalam, hanya dengan alasan bahwa produk Bitcoin dan cryptocurrency terlalu canggih untuk kita.

Banyak kok material-material online yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk pembelajaran. Platform-platform jual beli Bitcoin juga sudah menyediakan semacam learning portal yang bisa kita pakai sebagai referensi, salah satunya adalah learning portal dari Luno.

Hindari membeli Bitcoin hanya karena ikut-ikutan dengan orang lain. Bisa jadi beda tipis tuh antara berinvestasi dan berjudi 🙂

#2 Tentukan tujuan dan jangka waktu?

Penting banget untuk tau apa tujuan pembelian. Apakah mau investasi atau coba-coba untuk sekedar tau apa itu Bitcoin? Pembeliannya untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Tujuan dan jangka waktu ini akan menentukan beberapa hal, misalnya besaran uang yang akan digunakan untuk membeli Bitcoin dan strategi selama periode pembelian (mau dipegang saja atau mau diperjualbelikan untuk memperoleh profit).

#3 Beli Bitcoin dari platform yang terpercaya

Banyak situs jual beli Bitcoin yang saat ini bisa ditemukan dengan mudah di internet. Namun hati-hati, tidak semuanya memiliki fitur lengkap yang menjamin kenyamanan dan keamanan penggunanya. Kalau perlu pilih platform yang sudah terbukti kompetensinya secara global seperti Luno.

cara beli bitcoin

Sedikit sharing tentang tahapan pembelian Bitcoin di Luno:

  1. Langkah 1: Daftar di Luno. Di tahap ini kita akan diminta untuk memasukkan email dan membuat password
  2. Langkah 2: Verifikasi identitas. Mirip seperti saat membuka rekening di bank, ada verifikasi data diri di tahap ini. Kita akan diminta mengisi nomor HP, nama lengkap serta KTP dan dokumen pendukung.
  3. Langkah 3: Transfer uang ke akun Luno kita. Setelah identitas terverifikasi, kita bisa mentransfer uang ke deposit kita di Luno. Sampai tahap ini, Bitcoin sudah bisa dibeli.
  4. Langkah 4: Beli Bitcoin. Yap, pembelian sudah bisa dilakukan dengan mudah. Pada saat menjual, kita juga bisa menarik lagi uang hasil penjualan ke rekening bank kita dengan mudah.

 Hati-hati dengan platform bodong

Menurut berita di tabloid Kontan di awal Maret 2018, banyak juga lho platform yang sekarang dibuat dengan mendompleng euforia Bitcoin, dimana mereka juga menawarkan imbal hasil tinggi dengan berbagai skema investasi. Atau malah hanya sekedar web yang ditujukan untuk mengumpulkan data nasabah.

Jangan sampai tertipu dengan platform-platform seperti itu. Cek latar belakang platform tersebut dan reputasi mereka selama ini.

#4 Berinvestasi sejumlah yang bisa ditolerir jika terjadi kerugian

Bahasa gampangnya, berinvestasilah dengan uang nganggur saja. Apalagi kalo memang baru mulai mencoba membeli dengan tujuan untuk lebih mengenali produk Bitcoin dan cryptocurrency secara lebih mendalam.

Jangan serakah dengan menginvestasikan uang anda secara berlebihan karena akan mengganggu keuangan pribadi secara keseluruhan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan. Toh pada kenyataannya sekarang ini harga Bitcoin dll masih sangat berfluktuasi.

#5 Dollar Cost Averaging (DCA)

Walaupun misalkan anda termasuk orang yang sangat yakin akan teknologi blockchain dan masa depan cryptocurrency, tetap tahan hasrat untuk berinvestasi secara masif pada saat harga sedang rendah. Akan lebih bijak berinvestasi secara rutin dengan nominal tertentu untuk memperkecil risiko.

Teknik DCA ini berlaku untuk berinvestasi di produk apapun, tak terkecuali investasi di Bitcoin dan produk cryptocurrency lainnya. Contoh lengkap penerapan DCA pada transaksi Bitcoin bisa juga dibaca di Luno.

= = = = =

Demikian sharing tentang investasi Bitcoin dan tips-tips untuk memulainya, yang juga merupakan rangkaian artikel kerjasama dengan Luno, platform jual/beli dan penyimpanan Bitcoin di Indonesia.

Semoga bisa menjadi referensi tambahan mengenai dunia per-cryptocurrency-an buat kita semua. Terima kasih juga untuk tim Luno atas masukan dan referensinya.

Selamat berinvestasi.

 

Image: pixabay.com

6 Comments

  1. gal gadot April 10, 2018
    • JrPlanner April 16, 2018
  2. Gunawab April 24, 2018
    • JrPlanner April 26, 2018
  3. Iwan April 29, 2018
    • JrPlanner May 19, 2018

Leave a Reply