12 Tempat Beli Reksa Dana Online Jaman Now

Di jaman now ini investasi reksa dana menjadi semakin mudah. Tidak ada alasan lagi bagi seseorang menunda-nunda investasi reksa dana dengan alasan susah dan mahal. Semuanya sudah serba gampang, semua sudah bisa dilakukan secara online.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang 3 tempat beli reksa dana online terbaik. Kali ini saya kembali menyajikan lebih banyak lagi, ada 12 tempat beli reksa dana online yang bisa menjadi pilihan. Ke 12 penjual reksa dana online ini meliputi perbankan, sekuritas, supermarket reksadana online, e-marketplace, sampai dengan platform dompet elektronik. Memang belum semua yang saya bahas, tapi minimal sudah mewakili semua tipe penjual reksa dana yang bisa ditemukan di dunia maya.

Yuk simak 12 tempat beli reksadana online ini, yang saya urutkan dari 1-12 berdasarkan kategori masing-masing.

Bank Penjual Reksa Dana Online

#1 Bank Commonwealth

Saya sudah banyak sih bahas tentang bank penjual reksa dana ini, ada di perbandingan antara bank commonwelath vs bank mandiri dan juga 3 pilihan bank penjual reksa dana. Dan harus diakui bahwa sampai saat ini Bank Commonwealth (Commbank) masih menjadi bank terdepan dalam penjualan reksa dana retail, baik secara offline maupun online.

Sistem reksa dana online Commbank menjadi andalan bank ini dalam berjualan. Sistem yang dikembangkan memungkinkan nasabah untuk melakukan pembelian maupun penjualan, tanpa perlu repot harus datang ke kantor cabang seperti beberapa bank lainnya.

Per hari ini, kita bisa membeli kurang lebih 70 produk reksa dana terbitan dari 10 manajer investasi top di Indonesia, antara lain Schroder, BNP Paribas, Danareksa, Batavia, Mandiri, dll. Detail produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 6 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 16 produk
  • Reksa dana campuran: 16 produk
  • Reksa dana saham: 33 produk
  • Reksa dana indeks: 1 produk

 

Perusahaan Sekuritas Sebagai Supermarket Reksa Dana Online

Sebenarnya hampir semua perusahaan manajer investasi juga memiliki online platform untuk menjual reksa dana. Namun pembahasan saya batasi hanya kepada platform yang menjual produk-produk dari banyak manajer investasi, tidak hanya produk milik sendiri.

#2 POEMS ProFunds

POEMS ProFunds ini adalah sebuah platform penjualan reksa dana besutan Phillip Sekuritas Indonesia, salah satu perusahaan sekuritas papan atas Indonesia. Jika biasanya perusahaan sekuritas ataupun aset manajemen hanya menjual produknya sendiri, Phillip memilih untuk menjadi supermarket bagi ratusan produk reksa dana di Indonesia.

Saat ini ada sekitar 116 produk reksa dana dari 29 manajer investasi yang bisa dibeli dari POEM ProFunds ini. Detail produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 16 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 25 produk
  • Reksa dana campuran: 30 produk
  • Reksa dana saham: 43 produk
  • Reksa dana indeks: 2 produk

#3 IPOTFUND

Salah satu pemain lama dalam berjualan reksa dana secara online adalah Indo Premier. Saat ini Indo Premier mengusung platform IPOTFUND dan telah menjadi salah satu supermarket reksa dana terlengkap di Indonesia. Bagaimana tidak, saat ini tidak kurang dari 34 manajer investasi yang menjajakan hampir 200 produk reksa dana di platform tersebut.

Detail produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 27 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 38 produk
  • Reksa dana campuran: 43 produk
  • Reksa dana saham: 87 produk

Btw artikel lengkap mengenai kedua platform penjualan reksa dana online tersebut bisa juga disimak di artikel lain tentang pilihan penjual reksadana online terbaik.

 

Supermarket Reksa Dana non Bank dan Lembaga Keuangan

Untuk platform supermarket reksa dana online non bank dan lembaga keuangan, mayoritas investor pasti sudah sangat mengenal nama Bareksa. Pembahasan tentang Bareksa juga sudah pernah saya tulis di artikel tentang penjual reksa dana online terbaik.

#4 Bareksa

Bareksa (PT Bareksa Portal Investasi) didirikan pada awal tahun 2013 dan menjadi perusahaan berbasis teknologi pertama yang berhasil memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk berjualan reksa dana secara langsung kepada nasabah. Dahulu lisensi ini hanya diberikan kepada perbankan dan lembaga keuangan saja.

Sejak memiliki lisensi, Bareksa berkembang dengan sangat pesat. Saat ini tercatat ada 154 produk reksa dana yang dijual melalui platform ini, yang berasal dari 30 manajer investasi di Indonesia. Masuknya manajer investasi kakap Indonesia, Schroder, menjadi poin plus tersendiri untuk Bareksa mengingat produk-produk Schroder umumnya hanya bisa dijumpai melalui agen offline (kecuali Commbank).

Detail produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 27 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 32 produk
  • Reksa dana campuran: 55 produk
  • Reksa dana saham: 37 produk
  • Reksa dana indeks: 3 produk

Namun saat ini Bareksa tidak sendirian. Mulai bermunculan perusahaan teknologi yang mendapatkan ijin untuk ikut berjualan reksa dana secara online. Ada beberapa platform yang sudah mulai beroperasi dan berikut saya bahas 3 platform diantaranya.

#5 Tanamduit

Belakangan Bareksa mulai kedatangan kompetitor baru, yang juga mengusung konsep supermarket reksa dana online. Salah satunya adalah Tanamduit, platform milik PT Star Mercato Capitale. Karena masih relatif baru, dimana soft launching baru dilakukan pada 28 Februari 2018 lalu, belum begitu banyak pilihan produk reksa dana yang bisa dibeli melalui Tanamduit.

Berdasarkan info, saat ini baru terdapat 12 produk reksa dana yang bisa dibeli secara online, yang meliputi:

  • Reksa dana pasar uang: 5 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 3 produk
  • Reksa dana campuran: 1 produk
  • Reksa dana saham: 3 produk

Produk-produk reksa dana ini berasal dari 5 manajer investasi, yaitu: Bahana, Batavia, Manulife, Mandiri dan Trimegah.

#6 XDana

Platform XDana berada di bawah naungan PT XDana Investa Indonesia. Menurut info yang saya kutip dari DailySocial, selain melakukan penjualan reksa dana, XDana juga melakukan pendekatan dari sisi perencanaan keuangan atau wealth management sehingga terus menerus bisa memberikan edukasi mengenai keuangan kepada masyarakat Indonesia.

Sebagai platform yang tergolong baru, XDana saat ini baru memasarkan 30 produk reksa dana secara online, yang meliputi:

  • Reksa dana pasar uang: 5 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 7 produk
  • Reksa dana campuran: 5 produk
  • Reksa dana saham: 12 produk
  • Reksa dana indeks: 1 produk

Semua produk reksa dana online ini merupakan produk dari 7 manajer investasi yaitu: Ciptadana, CIMP Principal, Mandiri, Bahana, AXA, Danareksa dan Maybank.

#7 Invisee

Dengan tajuk investment is easy, Invisee ikut mencoba menawarkan investasi reksa dana secara online sejak 2017 lalu. Invisee bernaung d bawah PT Nusantara Sejahtera Investama, salah satu anak perusahaan Indivara Group.

Untuk menambah jangkauannya, Invisee juga berinovasi dengan bekerja sama dengan T-Cash (sebagai sumber dana untuk pembelian) dan Gojek (voucher bagi pengguna Gojek untuk pembelian reksa dana online via Invisee).

Saat ini Invisee memasarkan 23 produk reksadana, dengan detail:

  • Reksa dana pasar uang: 6 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 7 produk
  • Reksa dana campuran: 3 produk
  • Reksa dana saham: 6 produk
  • Reksa dana terproteksi: 1 produk

Semua produk reksa dana ini merupakan produk keluaran 4 manajer investasi: Danareksa, Insight, Mandiri dan Trimegah.

E-Marketplace Penjual Reksa Dana Online

Selain lembaga keuangan dan supermarket reksa dana, pembelian reksa dana secara online juga sudah bisa dilakukan melalui e-marketplace. Jadi uang para pengguna marketplace, baik penjual maupun pembeli, yang sedang mengendap di dompet elektronik masing-masing platform bisa digunakan untuk berinvestasi.

#8 Bukalapak

Bukalapak adalah pionir bagi investasi melalui portal belanja online atau e-marketplace. Bekerjasama dengan Bareksa, Bukalapak meluncurkan fitur BukaReksa sejak awal 2017 lalu. BukaReksa ini mengincar para pedagang dan pembeli online untuk berivestasi dengan user experience yang sama seperti sedang berbelanja online.

Selain itu keunggulan yang ditawarkan adalah rendahnya nilai pembelian, dimana reksa dana sudah bisa dibeli hanya dengan Rp 10.000 saja. Nominal yang sangat murah dan tidak bisa ditemui di platform lain.

Saat peluncuran awal, hanya ada 1 produk reksa dana online yang ditawarkan, yakni CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang. Namun per hari ini sudah ada 10 produk reksa dana online yang ditawarkan oleh BukaReksa, dari mulai reksa dana pasar uang sampai dengan reksa dana saham.

Selain CIMB-Principal, produk-produk reksa dana online di BukaReksa juga berasal dari manajer investasi lain seperti Ciptadana, BNP Paribas, Kresna, Mandiri, Ashmore dan Syailendra.

#9 Tokopedia

Mengikuti jejak Bukalapak, per Februari 2018 ini Tokopedia pun meluncurkan fitur investasi reksa dana online bertajuk Tokopedia ReksaDana. Produk reksa dana yang ditawarkan oleh Tokopedia ReksaDana ini cuma 1, Syailendra Dana Kas, sebuah reksa dana pasar uang keluaran Syailendra Capital.

Seperti halnya di BukaReksa, investasi reksa dana di Tokopedia ReksaDana pun bisa dilakukan dengan nominal yang sangat terjangkau yakni Rp 10.000 saja. Proses pembeliannya juga sangat mudah dan cepat.

Namun walaupun sama-sama berbentuk fitur investasi reksa dana online, ada perbedaan antara Tokopedia ReksaDana ini dengan Bukareksa. Menurut info dari DailySocial, Tokopedia ingin mengoptimasi idle cash di dompet elektronik TokoCash untuk diinvestasikan ke reksa dana dengan mudah, namun bisa dicairkan dengan mudah pula saat dananya ingin digunakan.

Hal ini berbeda dengan BukaReksa yang semangat awalnya adalah menjadi marketplace reksa dana. Di dalamnya terdapat berbagai produk reksa dana  yang bisa dipilih oleh para penggunanya.

Semangat mengoptimasi idle cash di Tokopedia ini diwujudkan dengan adanya fitur penjualan instan atau instant redemption yang memungkinkan nasabah untuk menjual kembali unit reksa dana yang dimiliki tanpa menunggu waktu 1 hari.

 

E-wallet Sebagai Penjual Reksa Dana Online

Nah selain bank, sekuritas, supermarket reksa dana dan marketplace, ada lagi kelompok terakhir tempat kita bisa melakukan pembelian reksa dana secara online dengan mudah, yaitu melalui e-wallet platform atau dompet elektronik. Nah dompet elektronik apa saja yang menyediakan fasilitas pembelian reksa dana online? Berikut beberapa pilihannya.

#10 Doku

Sebagai salah satu dompet terkemuka di Indonesia, Doku sudah sejak lama menyediakan fitur investasi sebagai salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Bekerja sama dengan Bareksa, saat ini pengguna Doku bisa berinvestasi di 3 buah produk reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap dari Ciptadana dan Bahana TCW.

Minimal investasi reksa dana online melalui Doku adalah sebesar Rp 100.000, dan pengguna akan diarahkan ke halaman Bareksa untuk melakukan proses jual ataupun beli produk reksa dana.

#11 OVO

OVO adalah cross-coalition loyalty platform milik Grup Lippo yang tidak hanya menawarkan loyalty program,  namun juga fitur pembayaran dan layanan keuangan. Dengan adanya fungsi sebagai dompet elektronik, OVO pun tidak mau kalah dalam menyediakan produk investasi. Salah satu sasarannya adalah “uang nganggur” di dompet elektronik OVO yang belum digunakan oleh pengguna.

Untuk itu maka OVO bekerjasama dengan Ciptadana Asset Management untuk menyiapkan produk reksa dana pasar uang sebagai tempat mengembangkan uang para pengguna aplikasi tersebut. Dengan potensi imbal hasil mencapai 7% per tahun, reksa dana online yang ditawarkan bisa menjadi pilihan bijak bagi para pengguna OVO.

#12 PayPro

Dompet elektronik yang dulunya dimiliki Indosat dengan nama Dompetku ini resmi dirubah menjadi PayPro sejak awal 2017 lalu. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh PayPro adalah investasi yang memungkinkan penggunanya langsung menginvestasikan uang mengendap ke dalam produk reksa dana online.

Saat ini baru satu produk reksa dana yang dijual lewat PayPro. Produk reksa dana tersebut produk reksa dana pasar uang milik BNP Paribas dengan nama BNP Paribas Rupiah Plus.

========

Penutup

Demikian 12 tempat pembelian reksa dana online yang saat ini ada di Indonesia. Semua platform ini menawarkan investasi reksa dana online dengan mudah, cepat dan terjangkau.

So, ngga susah kan investasi reksa dana di jaman now? Bahkan beli reksa dana online bisa dilakukan sambil nongkrong di coffee shop.

Selamat berinvestasi.

 

Image: pixabay.com

10 Comments

  1. Pingback: Ngalor Ngidul | Find the Real April 10, 2018
  2. crey April 10, 2018
  3. ve July 3, 2018
    • JrPlanner September 2, 2018
  4. darwin August 12, 2018
    • JrPlanner September 2, 2018
  5. ayu widuri August 25, 2018
  6. EVANZSKO September 9, 2018
    • JrPlanner September 12, 2018
  7. umi September 25, 2018
    • JrPlanner October 14, 2018

Leave a Reply