Review buku: Investory (Andhika Diskartes)

Akhirnya bisa kembali mereview buku, dan kali ini buku investasi keren berjudul Investory. Penulisnya adalah Andhika Diskartes, seorang praktisi dunia keuangan yang sekaligus juga adalah blogger dengan fokus pada dunia investasi dan ekonomi. Luar biasa, bisa gitu lho bikin buku, hehehe…

Buku Investory

Dari namanya saja buat saya sudah sangat eye catching dan gampang diingat. Dipadu dengan cover putih bersih membuat buku ini terlihat eksklusif. Dan sesuai namanya, isinya berisi pengetahuan tentang investasi yang disajikan dengan gaya story telling yang menarik.

Penuturannya ringan dan menggunakan gaya bahasa sehari-hari sehingga sangat mudah dimengerti. Buat saya membaca buku ini serasa mendengarkan lagu-lagu dari Slank. Enak untuk dinikmati, dengan bahasa keseharian serta gampang dipahami.

Outline Investrory

Secara garis besar Investory menyajikan pengetahuan yang lengkap tentang investasi, khususnya investasi di bidang pasar modal. Dibuka dengan pemaparan tentang investasi dan instrumen-instrumen yang lazim ditemui, kita diajak untuk memahami bahwa ada risiko yang terkandung dalam semua investasi.

Investasi saham

Selanjutnya pembahasan mulai masuk ke topik yang seringkali dihindari oleh para pembaca: investasi saham. Kenapa dihindari? Karena banyak yang menganggap saham adalah instrument investasi yang rumit serta terlalu kompleks.

Percayalah, anda akan berpendapat lain setelah membaca Investory, hehehe… Di buku ini dijelaskan banyak hal tentang saham, mulai dari bagaimana saham bekerja, strategi berinvestasi, cara membuat portfolio, sampai pada diversifikasi untuk mengecilkan risiko. Semuanya dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Dilengkapi juga dengan pengenalan mengenai cara melakukan analiasa dalam investasi saham, yang meliputi analisa fundamental dan teknikal. Saya pribadi adalah seorang fundamentalis, jarang mau tau tentang analisa teknikal. Males baca, terlalu banyak macemnya dan penjelasannya suka ribet, hehehe…

Tapi jujur ya, Investory adalah referensi pertama saya yang mampu memberikan penjelasan beragam teknik analisa teknikal dengan singkat dan jelas. Jadi paham garis besarnya sekarang. Tinggal butuh pendalaman nantinya.

Kerennya lagi, ada bab khusus tentang istilah-istilah yang sering digunakan di pasar saham. Misalnya: saham gorengan, insider trading, bubble dll. Dijamin jadi makin paham kalau baca-baca media bisnis.

[BACA JUGA: Penjelasan dan simulasi untuk mulai menabung saham]

Investasi reksadana

Tidak lupa Investory pun membahas tentang reksa dana, sebagai instrumen investasi favorit di pasar investasi ritel saat ini. Penjelasannya cukup lengkap, dimulai dari cara kerja reksa dana sampai dengan cara menilai hasil investasinya.

[BACA JUGA: Pilihan tempat melakukan pembelian reksa dana online]

Review secara keseluruhan

Buat saya buku Investory adalah salah satu buku referensi yang bagus bagi kita yang masih awam atau baru mau / mulai terjun di pasar modal. Namun sesuai tagline nya: Investment story for everybody – Level easy, jangan berharap bahwa kita akan mendapatkan pengetahuan yang super lengkap di buku ini.

Investory membantu kita melihat investasi di pasar modal secara umum, sehingga bisa membayangkan kerangka-kerangka penting untuk belajar lebih jauh lagi.

Gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami juga sangat membantu pemahaman akan buku ini. Tips-tips singkat di beberapa bagian juga sangat membantu dalam membuka wawasan.

Satu hal lagi, pembahasan di akhir buku tentang risiko dan mental pemenang dalam investasi buat saya adalah hal yang sangat penting. Buku ini tidak saja membuat kita tertarik untuk masuk ke pasar modal, namun juga mengajarkan mengenai adanya risiko serta sikap seperti apa yang dibutuhkan untuk bisa berhasil ataupun tidak hanyut dalam kegagalan.

Investasi di pasar modal bisa memberikan keuntungan yang luar biasa, namun di sisi lain bisa mengakibatkan investor kehilangan modal. Karena itu, cerita-cerita investasi dari para praktisi mutlak dibutuhkan sebagai referensi dalam berinvestasi.

Seperti judul salah satu bab Investory: Investasi terbaik adalah pengetahuan. Saya 100% setuju.

Sukses selalu untuk Investory. Terima kasih sudah menjadi referensi yang bermanfaat dalam berinvestasi di pasar modal.

Happy investing.

 

 

 

4 Comments

  1. Avatar
    Kartes August 13, 2017
    • Avatar
      JrPlanner August 14, 2017
  2. Avatar
    Erwin August 18, 2017

Leave a Reply