Program Total E&P Indonesie SMILE 2017: Perencanaan Keuangan dan Investasi

Pelatihan di site Total E&P Indonesia

Pada akhir Juli 2017 dan awal Agustus 2017 lalu, saya kembali dipercaya kembali oleh ZAP Finance untuk menjadi salah satu konsultan dalam program Total E&P Indonesia (TEPI) SMILE 2017.

Topik yang dibawakan masih sama dengan acara sebelumnya di Balikpapan,  namun bedanya kali ini saya membawakan dua topik sekaligus: perencanaan keuangan dan investasi usaha. Untuk investasi pasar modal tetap dibawakan oleh tim dari Trimegah Sekuritas.

Yang juga berbeda adalah, kali ini lokasinya bukan lagi di kantor TEPI di Balikpapan. Kenapa? Karena yang namanya perusahaan minyak, tentu punya site-site di lokasi yang berbeda, dimana para pekerja harus selalu berada di lokasi. So para konsultan yang harus melakukan perjalanan ke site-site tersebut. Seru 🙂

Perencanaan Keuangan di site area

Saya kebagian jatah untuk melakukan presentasi di 3 lokasi: 2 lokasi terletak di swamp area sedangkan 1 lokasi lagi merupakan site di lepas pantai.

Mengingat sistem rotasi 2 minggu kerja dan 2 minggu libur yang diterapkan pada karyawan di site, maka kegiatan ini pun dibagi dalam 2 batch, dengan jarak 2 minggu. Saya didampingi oleh seorang rekan dari Trimegah Sekuritas selama 2 batch tersebut.

#1 North Processing Unit

Merupakan lokasi processing unit yang terjauh, dicapai dengan perjalanan menggunakan boat selama 3 jam dari pelabuhan Handil 2 (basis TEPI). Handil ini sendiri berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari bandara Sepinggan Balikpapan.

Kondisi residence area NPU sangat jauh berbeda dengan apa yang ada di bayangan saya sebelumnya. Serasa menemukan hidden village di tengah-tengah belantara, hehehe.

Acara presentasi dibagi 2 bagian: presentasi materi selama 2 jam dan dilanjutkan dengan sesi 1 on 1 selama 2 jam berikutnya.

#2 Bekapai

Ini site yang paling menantang, karena berada di lepas pantai dalam kondisi ombak yang kurang bersahabat. Tapi ini juga kunjungan yang paling saya tunggu-tunggu. Kapan lagi kan bisa naik-naik ke anjungan lepas pantai? Selama ini cuma liat di film-film aja.

Meminjam bahasanya Mas Farid, rekan saya dari Trimegah: ini adalah lokasi yang bahkan tidak bisa didatangi dengan membayar seperti liburan. Benar juga sih, hehehe…

Untuk mencapai site Bekapai, dibutuhkan sekitar 1.5 jam perjalanan menggunakan boat dari pelabuhan Senipah (30 menit jalan darat dari Handil 2 Base).

Selain tantangan ombak, tantangan lainnya di Bekapai adalah peserta. Kenapa? Karena namanya juga site di tengah laut, jika ada sedikit saja masalah maka semua karyawan akan fokus ke pekerjaan. Kan jumlah karyawannya terbatas, tanpa ada backup yang bisa dititipin pekerjaan sembari ikut pelatihan.

Akibatnya ya terpaksa konsultannya yang harus menyesuaikan waktu presentasi dengan waktu para karyawan. Untungnya mereka tetap bersemangat tinggi dalam mengikuti proses pelatihan.

#3 South Processing Unit

Lokasi yang berlawanan arah dengan NPU, dengan jarak sekitar 2 jam perjalanan boat dari Handil 2 Base. Ini juga sama, serasa menemukan hidden village lagi di pinggiran sungai berhutan bakau.

Antusiasme peserta di site ini juga tinggi, bahkan yang tertinggi dari 3 site yang saya datangi. Banyak sekali pertanyaan terkait perencanaan keuangan, investasi bahkan juga cara memulai dan menjalankan usaha.

Penutup

Bersama Mas Syaid (TEPI) dan Mas Farid (Trimegah) – batch 1

Overall, Total E&P Indonesie benar-benar menunjukkan perhatian serius kepada para karyawannya dengan menyediakan program pelatihan keuangan bagi semua karyawannya, termasuk yang bekerja di site-site.

Antusiasme para karyawan pun membuat acara pelatihan menjadi hidup karena diwarnai dengan pertanyaan dan diskusi-diskusi menarik.

Tantangan buat adalah waktu tempuh yang lumayan jauh dengan mayoritas moda transportasi berupa boat, serta tempat menginap yang harus berpindah-pindah. Kemudian juga waktu presentasi dan 1 on 1 yang mau tidak mau harus mengikuti jadwal para karyawan.

Namun semua terbayar dengan antusiasme para karyawan dalam berdiskusi, baik di sesi presentasi maupun di sesi 1 on 1. Apalagi banyak di antara mereka yang juga sudah memiliki usaha di tempat tinggal masing-masing, serta tidak sedikit yang sudah familiar dengan investasi pasar modal seperti reksa dana dan saham.

Bagi saya sebagai konsultan, ini adalah pengalaman luar biasa untuk bisa memberikan pelatihan di lokasi-lokasi yang baru dan unik. Apalagi untuk mencapai lokasi harus menempuh perjalanan menyusuri sungai-sungai Kalimantan, plus lokasi lepas pantai, yang tentunya sangat instagramable sekali, hehehe…

Bersama Mbak Azra (TEPI) dan Mas Farid (Trimegah) – batch 2

2 Comments

  1. Avatar
    Andrias August 29, 2017
    • Avatar
      JrPlanner August 30, 2017

Leave a Reply