Melek Finansial Saja Tak Cukup Untuk Bisa Kaya

Pengetahuan tentang finansial atau melek finansial saja tak cukup untuk bisa membuat Anda kaya, jika sikap dan mental yang Anda miliki masih sama.

Robert Kiyosaki, dalam buku best seller nya yang berjudul “Rich Dad, Poor Dad”, memaparkan dengan jelas bahwa untuk menambah pundi-pundi dengan cepat, hal yang dibutuhkan bukan hanya pengetahuan saja, tapi juga pikiran dan sikap yang Anda miliki.

Jadi Apa Mindset yang Menghalangi Anda Untuk Bisa Kaya?

Berikut mindset yang membuat pundi-pundi Anda tak kunjung bertambah, meski Anda sudah melek secara finansial.

#1 Takut kehilangan uang

Setiap orang punya rasa takut, termasuk rasa takut kehilangan uang. Akan tetapi yang membedakannya adalah pada bagaimana mengatasi ketakutan yang ada.

Menang berarti tidak takut kalah ~Frank  Tarkenton

Tidak ada orang yang tidak pernah gagal. Bahkan pada saat Anda mulai belajar berjalan untuk pertama kalinya, Anda akan mengalami “jatuh”, sampai akhirnya Anda mampu berlari. Jatuh atau gagal adalah proses dari belajar, sayangnya banyak orang menjadikannya alasan untuk berhenti.

Ketika Anda takut kehilangan uang karena adanya ketidakpastian dalam hal investasi, Anda bisa memulainya sedini mungkin. Dengan menyisihkan pendapatan Anda dalam reksadana atau saham. Semakin cepat Anda memulai, semakin banyak yang Anda kumpulkan, dan juga makin besar kesempatan Anda untuk bangkit kembali ketika Anda mengalami kegagalan.

 #2 Keraguan yang membuat orang lebih suka “main aman”

Keraguan dan sikap sinis membuat kebanyakan orang tetap miskin dan bermain dengan aman. Orang sinis tidak pernah menang. Si sinis mengkritik dan pemenang menganalisis ~Robert Kiyosaki

Bukan hanya pendidikan dan pengetahuan yang membuat orang menjadi sukses, tapi juga keberanian dan keuletan. Sikap ragu-ragu akan menghambat langkah Anda untuk belajar dan mencoba hal baru.

Dan faktanya di tengah perkembangan dunia yang kian pesat, Anda pun harus update cara Anda, termasuk dalam hal menambah pundi-pundi.

#3 Malas berubah, berharap ada keajaiban terjadi suatau saat nanti

Lakukan apa yang menurut Anda benar, karena bagaimanapun kritik itu selalu ada ~Eleanor Roosevelt

Kemalasan jadi suatu pembenaran untuk tidak melakukan sesuatu. Perkataan “tidak bisa” atau “tidak mungkin” akan membatasi Anda untuk lebih kreatif dan membatasi kemampuan otak dalam memecahkan masalah, termasuk dalam hal keuangan.

Ketika Anda sadar pendapatan Anda sekedar numpang lewat, dan Anda tidak memutuskan untuk melakukan sesuatu agar keadaan jadi lebih baik, maka sampai kapanpun pundi-pundi Anda tak akan pernah bertambah.

#4 Entitlement adalah segalanya

Sumber: care2

Hidup adalah cerminan dari kebiasaan yang Anda lakukan ~Robert Kiyosaki

Sebagian besar orang menghindari tekanan dan berpura-pura keadaan baik-baik saja. Padahal kenyataannya tidak demikian. Demi mengikuti gaya hidup, orang tak segan mengeluarkan uang lebih, padahal dia tahu pendapatannya belum “bisa” mendapatkannya. Akhirnya berhutang pun jadi solusi.

 #5 Merasa banyak tahu

Orang dengan sikap arogan akan sulit menerima hal-hal baru, karena dia merasa kalau dia sudah mengetahui semuanya. Ketika Anda merasa tidak paham tentang suatu hal, investasi misalnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar.

Perbanyak membaca buku mengenai investasi dan carilah orang yang lebih berpengalaman dalam hal investasi. Bertanya investasi pada orang yang tidak paham atau bahkan ada orang yang selalu “main aman” seumur hidupnya tidak akan membuat Anda berkembang.

Semoga bermanfaat.

 

Photo credit: VideoBlocks

Leave a Reply