Pages Navigation Menu

Referensi Praktis Merancang Masa Depan

Kultwit: Komposisi Ideal Dalam Menyusun Anggaran Rumah Tangga

Ini adalah kumpulan sharing tentang komposisi ideal anggaran rumah tangga yang saya lakukan pada tanggal 28 September lalu. Semoga bisa menjadi referensi yagn dapat diterapkan oleh teman-teman semua.

 

#1 – Oke, Jumat jam 7 waktunya diskusi ttg personal finance. Kali ini saya akan coba bahas “Komposisi ideal anggaran rmh tangga” #tipsART

 

#2 – Jika berbicara ttg komposisi yg ideal, dlm hal apapun selalu bersifat relatif. Termasuk dlm komposisi anggaran rmh tangga (ART) #tipsART

 

#3 – Namun selalu ada sebuah patokan yg bs dijadikan sbg pedoman atau benchmark dlm penyusunan. Kita liat yuk pedoman utk menyusun ART #tipsART

 

#4 – Di twit saya Nov11 lalu, saya pernah membahas ttg komposisi ideal ART ini dari tulisan Pak Eko Pratomo di harian Kontan #tipsART

 

#5 – Saya suka bgt, krn dibahas dgn pendekatan formasi sepakbola. Idealnya, ART dibagi 3: kebutuhan primer, sekunder dan investasi #tipsART

 

#6 – Komposisi ideal hrs sama dgn formasi bola: 4-4-2 -> 40% utk keb primer, 40% utk keb sekunder dan 20% utk investasi #tipsART

 

#7 – Keb primer: belanja dapur, belanja RT, transpor, konsumsi, termasuk pembayaran asuransi dan juga cicilan utang #tipsART

 

#8 – Keb sekunder: keb diluar primer dan kebutuhan pengembangan keluarga seperti baiay sekolah, buku2, olahraga, rekreasi, liburan #tipsART

 

#9 – Investasi: utk membiayai masa depan, seperti biaya pendidikan anak, biaya hidup dan kesehatan pensiun, biaya naik haji #tipsART

 

#10 – Namun akan lebih baik jika polanya dirubah menjadi 4-3-3: 40% utk keb primer, 30% utk keb sekunder dan 30% utk investasi #tipsART

 

#11 – Saya pribadi menggunakan pola 4-3-3 sbg patokan ART ideal, namun dgn sedikit perbedaan dlm definisi masing2 pos ART #tipsART

 

#12 – Kenapa beda? Contoh, sebuah keluarga muda cenderung memiliki cicilan hutang yg lumayan banyak. Susah jika digabung dgn keb primer #tipsART

 

#13 – Maksudnya bukan selalu hutang konsumtif. Keluarga muda cenderung baru membeli rumah dan mobil, mostly dlm bentuk kredit jk panjang #tipsART

 

#14 – Krn itu komposisi ART ideal saya adalah 40% utk biaya hidup, 30% utk investasi dan 30% sisanya utk cicilan utang #tipsART

 

#15 – Trus gimana urutan prioritas dlm pengaturan ART? Pertama, prioritaskan cicilan utang. Angka 30% adlh maksimal, jgn lebih #tipsART

 

#16 – Bukannya cicilan KPR/KPM otomatis dipatok 30% gaji oleh bank? Ngga selalu, ada fasilitas pinjaman dari kantor yg mencapai 50% gaji #tipsART

 

#17 – Langkah kedua, mulailah berinvestasi utk kebutuhan masa depan anda. Konsensus ideal 30%, min 10%. Lebih besar lebih bagus #tipsART

 

#18 – Pertanyaannya, bisa ga invest > 30% gaji per bulan? Jago banget kalo bisa :) Coba deh dicek, berapa % porsi investasi anda skrg? #tipsART

 

#19 – Teorinya investasi smakin besar smakin bagus. Tp sebaiknya disesuikan jg dgn kebutuhan dari tujuan keuangan yg ingin dicapai #tipsART

 

#20 – Kalo ternyata dgn 30% semua kebutuhan investasi utk masa depan udah terpenuhi, buat apa diinvestasikan lebih dari itu? #tipsAFC

 

#21 – Have fun tweeps, enjoy your money. Tambahin alokasi utk biaya hidup, ngga dosa kok naikin standar hidup kalo udah mampu #tipsART

 

#22 – Atau brsenang2lah dgn keluarga. Liburan, makan enak, jalan2 bareng. Jgn sampe investasi berlebihan merusak kebersamaan keluarga #tipsART

 

#23 – Atau tambah alokasi utk sedekah/sumbangan keagamaan/sosial lainnya. Bisa jg mulai mencicil modal utk usaha sampingan #tipsART

 

#24 – Ketiga, baru 40% ART dialokasikan utk biaya hidup. Pos ini lebih bersifat fleksibel dari 2 pos lainnya krn lebih adjustable #tipsART

 

#25 – Jika hutang dan investasi terlanjur memakan porsi besar dlm ART, maka sesuaikan gaya hidup anda. Jgn sampai tetap dipertahankan #tipsART

 

#26 – Dgn analogi sepakbola, 4 pemain blkg adalah biaya hidup yg menjaga dan membentengi kelangsungan hidup keluarga #tipsART

 

#27 – 3 pemain tengah = hutang, mhubungkan/m’angkat std hidup menuju tujuan masa depan, 3 striker = investasi, sbg tombak meraih tujuan #tipsART

 

#28 – Keren ngga sih 2 tweets trakhir? Pdhl asli ngarang doang, ngga bakalan deh ditemuin dmana2, hehehe. Mesti dipatenin kali yah :) #tipsART

 

#29 – So, demikian sedikit sharing dari saya utk menutup pembahasan panjang kita ttg #tipsART di beberapa minggu terakhir. Semoga berguna yah…

468 ad

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Advertisement